Ketuntasan Belajar
Ketuntasan Belajar SD ISlam Sabilil HUda Sidoarjo
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%
Tugas mandiri tidak terstruktur diberikan sebagai pengayaan dalam bentuk antara lain :
Porsi waktu untuk tugas-tugas tersebut maksimum 40% dari jumlah waktu tatap muka pada mata pelajaran yang bersangkutan.
______________________________
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100%
![]() |
Klik Untuk memperbesar |
Apabila peserta didik belum mencapai KKM, guru kelas/mata pelajaran melaksanakan kegiatan Remedial berbentuk pengulangan materi yang belum dikuasai oleh peserta didik dan kegiatan Pengayaan dilaksanakan oleh guru berbentuk pemberian tugas-tugas individual atau berbentuk klasikal untuk peserta didik yang telah mencapai KKM lebih cepat dari peserta didik lainnya.
Selain beban belajar dalam bentuk tatap muka (pertemuan di kelas) yang disajikan dalam bentuk tabel, beban belajar diberikan juga dalam bentuk tugas terstruktur dan tugas mandiri tidak tertruktur dan porsi waktu.
Contoh :
Tugas terstruktur disajikan dalam bentuk antara lain :
- Pengerjaan soal/latihan di rumah (PR)
- Penugasan proyek secara kelompok
- Membuat hasil karya produk
- Dan lain-lain.
Tugas mandiri tidak terstruktur diberikan sebagai pengayaan dalam bentuk antara lain :
- Membuat ringkasan buku/cerita pendek
- Mengumpulkan/mengkliping berita tentang suatu topik aktual
- Mengikuti kegiatan di masyarakat dan melaporkan secara tertulis.
Porsi waktu untuk tugas-tugas tersebut maksimum 40% dari jumlah waktu tatap muka pada mata pelajaran yang bersangkutan.
______________________________
